Mendiagnosa Troubleshooting Fiber Optik

                               Fiber Optik
- Pengertian
       Optical Fiber/ Fiber Optics adalah jenis kabel yang terbuat dari serat kaca atau plastik halus yang dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya. Diameter kabel fiber optik pada umumnya berukuran sekitar 120 mikrometer. 
- Bagian-bagian Fiber Optik
       1. Core              : Merupakan bagian dari kabel yang mentransmisikan                                             cahaya, bagian ini terbuat dari kaca. 
       2.Cladding        : Merupakan kabel bagian luar yang mengelilingi core,                                             tugasnya untuk memantulkan gelombang cahaya untuk                                       kembali ke inti. 
       3.Coating          :Bagian kabel yang berfungsi untuk menjaga kekuatan                                          serat  tetap kuat dan memberikan perlindungan yang                                            maksimal untuk fiber. 
       4.Outer Jacket : Adalah pembungkus kabel yang paling luar, bagian ini                                          juga penting karena melindungi bagian dalamnya. 
- Jenis-jenis 
       1. Single-Mode Fiber (SMF) 
       2. Multi-Mode Fiber (MMF) 
- Mendiagnosa jika ada trouble pada Fiber optik
       1. Masalah yang sering terjadi : pada saat instalansi fiber optik,  koneksinya masih sangat tidak lancar dan loss yang dihasilkan sangat besar atau tidak memenuhi standar yang sudah direkomendasikan. 
       2. Cara menyelesaikan :
          -Sebelum memasang Fiber Optik, pastikan kabel yang digunakan bersih             dan tidak rusak 
          -Pada saat splicing pastikan loss yang dihasilkan seminimal mungkin. 
          -Pastikan untuk memasukan konektor ke salah satu port di OTB dan.                  innernya masuk dengan tepat (tidak longgar) 
          -Saat mengukur dengan power meter,  pastikan gelombang yang                         dihasilkan sama. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PBX

LAPORAN PRAKTEK FILE SHARING