Diagram VOIP dan Cara Kerja Komponennya

-DIAGRAM VOIP-


Proses Kerja dalam Komponen Diagram Voip
Prinsip kerja Voip adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari mikrofon pada komputer menjadi paket data digital, kemudian diteruskan melalui sistem jaringan intranet maupun internet dan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Bisa juga melalui media telepon diteruskan ke perangkat voip yang disambungkan dan bisa diterima oleh telepon yang dituju.
Konsep dan Proses Kerja Voip disetiap Blok
a. TCP/IP
TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan pada jaringan internet. Protocol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu TCP dan IP.
b. Application Layer
Fungsi utama pada layer ini adalah pemindahan file. Perpindahan file dari sebuah sistem ke sistem lainnya yang berbeda memerlukan suatu sistem pengendalian untuk menanggani adanya ketidak kompatibelan sistem file yang berbeda – beda. Protokol ini berhubungan dengan aplikasi.
c. TCP (Transmission Control Protocol)
Dalam mentransmisikan data pada layer transport ada dua protokol yang berperan yaitu TCP dan UDP. TCP merupakan protokol yang connection-oriented yang artinya menjaga hubungan komunikasi end to end. Konsep dasar cara kerja TCP adalah mengirim dan menerima seqment – seqment informasi dengan panjang data bervariasi pada suatu datagram internet. 
d. UDP (User Datagram Protocol)
UDP merupakan salah satu protokol utama diatas IP merupakan transport protocol yang lebih sederhana dibandingkan dengan TCP. UDP digunakan untuk situasi yang tidak mementingkan mekanisme realibilitas. UDP pada voip digunakan untuk mengirimkan audio streaming yang berlangsung terus menerus lebih mementingkan kecepatan pengiriman data agar tiba di tujuan tanpa memperhatikan adanya paket yang hilang walaupun mencapai 50% dari jumlah paket yang dikirimkan. Karena UDP mampu mengirimkan data streaming dengan cepat.
e. SIP (Session Initiation Protocol)
SIP merupakan signalling protokol pada layer aplikasi yang berguna untuk membangun, memodifikasi, dan menghakhiri suatu sesi multimedia ( suara, video, dan text) yang melibatkan satu atau beberapa pengguna.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PBX

LAPORAN PRAKTEK FILE SHARING

Mendiagnosa Troubleshooting Fiber Optik