Materi PBX


A. Pengertian PBX
PBX atau kepanjangan dari Private Branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik.

B. FUNGSI PBX
· Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon dengan menggunakan nomer yang di tuju.
· Menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.Menjaga sambungan selama menggunakan telepon.
· Mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon.
· Layanan otomatis panggilan.

C. Cara Kerja PBX Dalam Server Softswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software. Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server, Sebuah software contohnya softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP PBX memiliki daftar semua ponsel sesuai SIP. Mereka dapat berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan gateway VoIP.

D. Keuntungan IP PBX 
    1. Jika kantor baru atau gedung baru tidak perlu tarik 2 kabel, kabel telpon RJ11 dan kabel LAN RJ45 dalam 1 bangunan kantor. Cukup tarik semua pake kabel LAN RJ45. 
    2. Sisi management jadi lebih mudah misalnya : penambahan exten- tion cukup beli switch hub, kabel LAN dan ipphone. 
    3. Kontrol yang lebih baik, IPPBX sudah support untuk billing se- hingga bisa memantau user dengan extention tertentu sering tele- pon ke siapa saja.
    4. Scalable. Ekstensi ippbx tidak terbatas dapat menangani sejumlah extension dan jalur telepon dalam jumlah yang sangat besar. 
    5. Tidak bergantung pada satu jenis vendor saja.Dapat menggunakan VoIP gateway apaun serta SIP VOIP Phone apa saja .

E. Kekurangan IP PBX
Kekurangan IPPBX kebanyakan pada bandwidth yang tersedia. Jika LAN mungkin tidak menjadi masalah karena switch sekarang sudah mencapai 100 Mbps atau lebih.

F.  Tipe-Tipe PBX
1. PBX ANALOG
PABX Analog telah mendukung pekerjaan masyarakat luas dalam 1 dekade terakhir. Dengan menggunakan kabel tembaga dan POTS (Plain Old Telephone Service), perangkat ini memiliki kemampuan yang cukup bisa andalkan, kemampuan suara yang dihasilkan oleh PABX analog juga cukup baik dan pada PABX analog terdapat beberapa fitur dasar yang mungkin bisa anda temukan pada ponsel biasa seperti menerima telepon, mematikan suara telepon, redial dan speed dial. Dengan menggunakan PABX, anda juga bisa melakukan transfer panggilan atau memindahkan panggilan antar ekstensi.

2. PBX DIGITAL
PABX digital sekarang sudah mulai berkembang dan banyak perkantoran yang beralih menggunakan PABX jenis ini. Karena memang PABX jenis digital menawarkan fitur yang lebih lengkap dan lebih canggih jika dibandingkan dengan PABX analog. PABX analog merupakan sebuah sistem telepon yang bisa diatur melalui sistem antar muka berbasis website atau komputer. Hal tersebut berarti bahwa kita tidak membutuhkan perangkat keras apapun untuk melakukan instalasi PABX.

3. IP PABX / VoIP PABX
Dengan menggunakan perangkat ini pengguna bisa mengalihkan panggilan dengan melalui VoIP (Voice over Internet Protocol atau IP) kepada semua pengguna yang tersambung dalam satu jaringan. Selain itu, pengguna juga bisa menghubungi ekstensi lain melalui Internet Protocol. Pengguna IP PABX bisa melakukan panggilan telepon atau mengalihkan panggilan telepon dengan sesama pengguna VoIP atau telepon biasa. 

4. Hybrid PABX


Hybrid PABX merupakan PABX yang mendukung 2 teknologi sekaligus yaitu Analog dan Digital. Tentu saja dengan Hybrid PABX fitur yang di dapatkan oleh pengguna akan lebih banyak dan cukup bervariasi. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTEK FILE SHARING

Mendiagnosa Troubleshooting Fiber Optik