Langsung ke konten utama

Macam-macam Hardware


50 Macam Perangkat Komputer Beserta Fungsinya



1)RAM
Perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.
2)Sound Card
Perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara.
3)Proyektor LCD
Salah satu jenis proyektor yang biasanya digunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer pada sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar yang umumnya berwarna putih.
4.)NIC/ LAN Card
Sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan, baik jaringan lokal atau jaringan internet.
5)Card Reader
Card reader digunakan untuk membaca data-data yang tersimpan di dalam memory card dengan cara mentransfernya ke komputer.
6)Scanner
Berfungsi untuk menyalin data analog (tulisan/gambar di kertas) dan mengubahnya menjadi data digital. Perangkat ini sering menyatu dengan printer sehingga dapat juga berfungsi sebagai mesin fotokopi.
7)Headset
Fungsi headset, yakni mengeluarkan suara. Namun headset berada sangat dekat di kedua telinga. Para gamers sering menggunakan headset saat bermain game supaya tidak menggangu orang di sekitarnya.
8)Webcam
Fungsi webcam sama halnya dengan fungsi kamera depan pada ponsel yaitu untuk ber-selfie maupun untuk melakukan video call.
9)Trackpad
Trackpad adalah perangkat yang juga berfungsi untuk menggerakan kursor. Biasanya trackpad terdapat di laptop. Saat ini pengguna komputer Windows jarang menggunakan trackpad. Namun produsen komputer Mac masih menjual trackpad.
10)Drawing Pad
Drawing pad cocok digunakan bagi mereka yang suka menggambar dengan menggunakan komputer. Hasil gambar akan sama seperti hasil gambar dengan menggunakan kertas biasa jika digambar dengan bantuan drawing pad.
11)Speaker
Speaker adalah perangkat komputer yang dapat mengeluarkan output suara. Sebenarnya speaker tidak terlalu penting untuk dipasang. Tetapi karena saat ini banyak orang yang menggunakan komputer sebagai salah satu sarana multimedia, sepertinya speaker menjadi penting. Speaker biasanya berjumlah sepasang dan ditempatkan di sebelah kiri dan kanan monitor.
12)Printer
Printer adalah perangkat yang berfungsi mencetak dokumen atau gambar pada komputer pada suatu kertas. Printer berguna jika Anda ingin mencetak dokumen makalah, laporan, atau skripsi. Jika jarang digunakan, sebaiknya Anda hanya mencetaknya di jasa printer terdekat.
13)Modem
Modem adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menerima dan mengirim data ke server. Modem biasa digunakan untuk berselancar di internet.
14)Touchpad
Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.
15)Microphone
Microphone adalah perangkat pengubah suara menjadi suara digital. Fungsi microphone adalah untuk merekam suara kita. Biasanya perangkat ini digunakan oleh para gamers, konferensi, atau untuk melakukan video call.
16)Joystick
Jika Anda ingin merasakan sensasi bermain game di komputer seperti di konsol, maka Anda perlu memiliki sebuah atau sepasang joystick. Joystick Xbox juga dapat digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.
17)Mouse
Mouse atau tetikus adalah perangkat yang bentuknya seperti tikus dan terdapat sensor atau bola di bawahnya. Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor yang sering ditandai dengan arah panah. Kursor sangat penting karena dapat memudahkan kita untuk memberi perintah kepada komputer. Bisa dikatakan mouse adalah alternatif jika layar komputer tidak layar sentuh.
18)CPU
CPU (Central Processing Unit) adalah bagian terpenting dari komputer karena merupakan pusat dari komputer. Semua perangkat lain seperti keyboard, mouse, monitor, dll dipasang di komputer. Di CPU juga terdapat motherboard yang tertanam prosesor yang merupakan otak dari komputer. Hard disk juga terpasang di CPU.
19)Monitor
Monitor adalah perangkat yang berfungsi untuk melihat apa yang sedang kita kerjakan di komputer. Tanpa monitor, kita seolah-olah “buta” saat menggunakan komputer. Maka dari itu, monitor merupakan salah satu perangkat terpenting di komputer. Ada tiga jenis monitor yaitu monitor CRT, LCD, dan LED.
20)Keyboard
Keyboard adalah perangkat komputer yang berisi berbagai tombol angka, huruf, dan beberapa fungsi lainnya. Keyboard sangat berguna saat kita hendak mengetik di komputer. Keyboard juga berfungsi sebagai shortcut suatu fungsi tertentu sehingga bekerja di komputer menjadi lebih mudah.
21)Hard Disk
Berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Berfungsi menampung data-data secara magnetis.
22)PC Cooler/ Heatsink
PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer.
23)Prossecor
Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.
24) UPS
Perangkat keras yang berguna untuk menyimpan arus listrik dan kemudian mengalirkannya pada perangkat komputer secara kontinu. UPS sangat berguna untuk mereka yang menggunakan komputer untuk bekerja. Dengan alat ini, jika seandainya listrik mati tiba-tiba, komputer akan tetap menyala dalam beberapa waktu sehingga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan hasil pekerjaan.
25)Motherboard
Motherboard merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat lain, seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard.
26)VGA Card
VGA Card adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar
27)Konektor casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
28)AGP Card (Accelerated Graphics Port)
AGP Card (Accelerated Graphics Port) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.
29)FDD (Floppy Disk Drive)
FDD (Floopy Disk Drive) adalah perangkat keras yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.
30)Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PBX

LAPORAN PRAKTEK FILE SHARING

Mendiagnosa Troubleshooting Fiber Optik